Rabu, 27 Juli 2011

Pidato Bahasa Indonesiaku ^_^

Membuat Naskah Pidato  

Tema          : Kesehatan
Topik/Judul : Makanan berformalin yang berbahaya
  
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera
                       Pertama-tama marilah kita  panjatkan puji  syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat karuianya kita dapat berkumpul  di tempat ini untuk membahas masalah mengenai makanan berpengawet yang  berbahaya bagi kesehatan.
               Pada kesempatan ini Izikanlah  saya menjelaskan dan menguraikan mengenai bahaya makanan berformalin, dalam hal ini saya akan menjelaskan ciri-ciri makanan berformalin, dampak dari mengkonsumsi makanan berformalin dan pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk orang yang keracunan akut akibat mengkonsumsi formalin.
             Apakah yang dimaksud dengan formalin itu?. Formalin adalah bahan kimia yang kegunaannya untuk urusan luar tubuh. Contohnya untuk pembunuh hama, pengawet mayat, bahan disinfektan dalam industri plastik, busa, dan resin untuk kertas. Formalin adalah zat berbahaya yang tidak boleh digunakan untuk pengawet makanan, karena formalin mengandung sekitar 37 persen formaldehid dalam air. Biasanya ditambahkan metanol hingga 15 persen sebagai pengawet, zat –zat inilah yang jika masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan keracunan, penyakit bahkan kematian. Ciri-ciri makanan berformalin dapat kita lihat pada beberapa makanan berikut ini:
Mi basah:
* Bau sedikit menyengat.
* Awet, tahan dua hari dalam suhu kamar (25 Celsius). Pada suhu 10 derajat C atau dalam lemari es bisa tahan lebih 15 hari.
* Mi tampak mengkilat (seperti berminyak), liat (tidak mudah putus), dan tidak lengket.

Tahu:
* Bentuknya sangat bagus.
* Kenyal
* Tidak mudah hancur dan awet (sampai tiga hari pada suhu kamar 25 derajat Celcius). Pada suhu lemari es 10 derajat Celcius tahan lebih dari 15 hari.
* Bau agak menyengat.
* Aroma kedelai sudah tak nyata lagi.
                 Hadirin yang saya hormati
Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian, cirri-ciri serta contoh makanan berformalin dan kandungan yang terdapat pada formalin itu  sudah jelas bahwa formalin sangat tidak boleh bahkan tidak layak digunakan sebagai pengawet makanan  karena  dapat menimbulkan seseorang memiliki penyakit yang kondisinya  akut maupun kronis. Kondisi akut tampak dengan gejala alergi, mata berair, mual, muntah, seperti iritasi, kemerahan, rasa terbakar, sakit perut, dan pusing.
Kondisi kronis tampak setelah dalam jangka lama dan berulang bahan ini masuk ke dalam tubuh. Gejalanya iritasi parah, mata berair, juga gangguan pencernaan, hati, ginjal, pankreas, sistem saraf pusat, menstruasi, dan memicu kanker.
Hadirin yang berbahagia
Seseorang yang telah keracunan akut akibat formalin dapat diberikan pertolongan pertama diantaranya:
* Sebelum ke rumah sakit: Gunakan arang aktif (norit). Jangan memberi rangsang agar muntah karena menimbulkan risiko trauma korosif pada saluran coma atas.
* Di rumah sakit: Dilakukan bilas lambung (gastric lavage), pemberian arang aktif (meski pemberian ini akan mengganggu penglihatan bila dilakukan teropong usus untuk mendiagnosis trauma esofagus dan saluran cerna).
Hemodialisis (cuci darah) untuk mengeliminasi habis formalin dari tubuh. Tindakan ini dilakukan bila terjadi keadaan asidosis metabolik (keracunan berat yang mengganggu metabolisme). Namun hal ini dapat dilakukan
tergantung konsentrasi cairan dan gejala yang dialami korban.
                  Oleh sebab itu , hadirin yang sya hormati. Marilah kita berhati-hati dalam memilih makanan agar kita dan keluarga kita dapat terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan-makanan yang berpengawet ataupun berformalin. Semoga dengan adanya penjelasan saya ini dapat memberikan banyak manfaat bagi hadirin sekalian.Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas perhatian hadirin sekalian. Saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin semua. Sekian dan terima kasih
                                        Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh




Tugas: Bahasa Indonesia

                                          Membuat Naskah Pidato

                                   D I S U S U N

                                                    OLEH :
                                                   FATHMASARI F
                                                                X-1
                                                   SMAN 4 KENDARI
                                                           

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Puisi yg keren,

    udah lama ngga aktif ya kak , blog nya jadi kayak Website Misterius kelihatanya wkwkwk

    BalasHapus